Tujuh Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Yang Sudah Terbukti Berdasarkan Hasil Penelitian

Bagi pencinta kopi sejati,menikmati secangkir kopi dipagi hari atau setelah makan merupakan salah satu rutinitas yang sayang untuk dilewatkan.Banyak yang mengatakan menikmati secangkir kopi dapat meringankan beban yang ada dipikiran.Ada juga yang suka menyeruput kopi ditemani dengan berbagai jenis cemilan.Sebagian malah ada yang senang kumpul bersama teman sambil minum kopi di warung-warung dekat pasar.Berbagai topik permbicaraan silih berganti dibahas tentu saja sambil perlahan meneguh secangkir kopi.Bahkan di beberapa wilayah,menyuguhkan secangkir kopi pada tamu yang datang telah menjadi semacam budaya yang harus dilakukan.
Dewasa ini variasi minuman kopi sudah sangat beragam.Tidak lagi hanya kopi hitam sederhana seperti yang dinikmati nenek moyang kita.Dengan sentuhan industrilisasi,berbagai produk kopi disediakan untuk memanjakan penggemar kopi.Diantaranya kopi yang dikemas dalam kemasan sachet maupun botol plastik.Rasanya pun mulai beragam dari yang original,kombinasi dengan rasa buah ataupun cokelat dan susu.
Kandungan Zat Dalam Kopi
Ilustrasi Biji Kopi ( Gambar: Alexas Fotos,pixabay)
Kandungan yang paling terkenal didalam biji kopi adalah kafein.Meskipun kafein juga bisa ditemukan pada minuman teh dan biji cokelat,kopi sudah terlanjur dicap banyak orang sebagai sumber kafein yang utama.Kafein didalam tubuh diantaranya dapat meningkatkan kinerja tubuh manusia serta mampu memberikan efek fisiologis,yaitu efek yang mampu meningkatkan energi tubuh.Selain kafein berikut adalah kandungan kopi yang perlu kamu ketahui.

  • Niacin :niacin berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh karena dapat menyerap vitamin yang seharusnya diserap oleh tubuh kita.Dampaknya akan mengganggu kecukupan vitamin didalam tubuh .Konsumsi kopi yang berlebihan tentunya sangat tidak dianjurkan.
  • Trigonelline:zat ini berguna untuk melindungi gigi. Meskipun minum kopi secara rutin dapat menyebabkan gigi berwarna kuning,namun gigi peminum kopi tidak mudah berlubang.
  •  Dicaffeoylquinic Acid:zat ini merupakan salah satu antioksidan.Antioksidan diketahui mampu menangkal radikal bebas.Radikal bebas dikaitkan dengan resiko terkena penyakit kronis diantaranya stroke dan penyakit jantung.Kabar baiknya  kandungan antioksidan pada kopi salah satu yang tertinggi diantara bahan makanan lainnya.
  • Ethyphenol:aroma khas nan harum pada kopi dikarenakan kandungan zat ethyphenol ini.
  • Quinic Acid:beberapa jenis kopi terasa asam saat diminum.Jika kamu bertanya kenapa,zat quinic acid inilah penyebab rasa asam itu.
  • Dimethyl Disulfide:Dimethyl disulfide menyebabkan kotoran beberapa penikmat kopi berbau seperti bau sulfur.Zat ini banyak terkandung pada biji kopi yang belum dikeringkan dan disangrai.
  • Acetylmethylcarbinol:senyawa ini memberikan rasa gurih pada lidah kamu saat menikmati secangkir kopi.Tanpa kandungan zat ini mungkin kenikmatan minum kopi agak sedikit berkurang.
 Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan Berdasarkan Hasil Penelitian
Dewasa ini pesatnya ilmu pengetahuan riset dan teknologi mendorang para ahli untuk meneliti dampak konsumsi makanan tertentu bagi kesehatan tubuh.Salah satu objek yang sering diteliti adalah dampak kesehatan konsumsi kopi bagi tubuh manusia.Berikut adalah manfaat kesehatan konsumsi kopi bagi tubuh kita yang telah segudangkhasiat.com rangkum untuk kamu.
Menurunkan  Resiko Terkena Penyakit Jantung
Hasil penelitian oleh ahli dari Baker Heart dan Diabetes Institute di Melbourne,Australia mengungkapkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi membantu mencegah kita terkena penyakit jantung yang mematikan .Para peneliti mengkaji pengaruh asupan kafein pada kopi dalam tubuh terhadap aritma atrium dan ventrikel.Hasil dari penelitian itu mengungkapkan bahwa zat kafein dapat menghalangi efek adenosin,yaitu zat kimia yang menyebabkan irama jantung yang tidak normal.
Sebagaimana dilansir oleh The Independent,beberapa riset serupa yang mendukung hasil penelitian ini sebagai berikut:
  • Penelitian yang melibatkan 115.993 responden menunjukan bahwa minum kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 13 persen.
  • Riset acak yang melibatkan 103 orang yang terkena serangan jantung yang diberi kafein 353mg/hari mampu meningkatkan denyut jantung.
Namun tidak disarankan minum kopi secara berlebihan,penelitian menunjukkan minum 9-10 gelas kopi perhari dapat meningkatkan resiko aritma.Batas aman konsumsi kopi menurut para ahli adalah 3 cangkir kopi atau setara dengan 300mg kafein/perhari.Kamu juga disarankan melakukan konsultasi pada dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi kafein.
Minum Kopi Bagus Untuk Usus
Dilansir oleh kompas,seorang profesor kedokteran-gastroenterologi bernama Dr.Li Jiao di Baylor Collega of Medicine,Houston,mengungkapkan hasil penelitian awal mereka bahwa minum kopi mampu membantu menghasilkan mikrobioma usus yang lebih sehat.Penelitian ini melibatkan 34 orang yang minum kopi selama setahun terakhir.Hasilnya mikrobioma yang terkandung pada peserta yang banyak minum kopi lebih sehat daripada yang lebih sedikit minum kopi.Temuan ini masih harus diteliti lebih lanjut termasuk mencari tahu bagaimana cara kerja kopi untuk meningkatkan mikrobioma sehat dalam usus.
Meskipun begitu untuk meningkatkan bakteri baik pada usus disarankan lebih memilih  sumber makanan nabati yang lebih sehat dan banyak tersedia disekitar kita.
Minum Kopi Dapat Mengurangi Resiko Alzheimer dan Parkinson
Peneliti dari Brain Institute,Kanada berhasil mengungkapkan bahwa senyawa fenilindan pada kopi yang muncul saat proses roasting yang menimbulkan rasa pahit pada kopi ternyata dapat menghambat proses penggabungan protein tau dengan protein beta amiloid.Pada otak penderita alzheimer dan parkinson kedua protein tersebut banyak ditemukan.


Penelitian ini menggunakan larutan 100 persen ekstrak kopi instan arabika dalam air.Hasilnya kopi yang diroasting dengan baik memberikan perlindungan yang paling besar untuk menangkal penyakit alzheimer dan parkinson.Namun menggunakan kopi untuk pengobatan alzheimer dan parkinson masih harus diteliti lebih lanjut.
Scrub Kopi Dapat Mencerahkan Wajah
Menurut doker kulit holistik di Beverly Hills,California yang bernama Julia Hunter sebagaimana dilansir oleh CNN Indonesia mengatakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi dapat mencerahkan kulit.Scrub kopi pada wajah mampu mencerahkan kulit wajah,mencegah tersumbatnya pori-pori wajah,dan melembutkan kerutan.Kulit mati juga akan terkelupas berkat kandungan asam pada kopi.
Menurut Dough Macintosh,campuran kopi dengan air yang berbentuk pasta ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan warna rambut.Caranya oleskan campuran kopi dan air pada rambut,kemudian diamkan beberapa menit,bilas hingga bersih.Rambut cerah yang diidamkan akan segera terwujud.


Mampu Menurunkan Resiko Terkena Kanker Payudara
Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa wanita yang rutin meminum kopi mampu menurunkan resiko terkena kanker payudara.Manfaat itu menurut peneliti,haruslah dikombinasikan dengan pola hidup yang sehat.Usahakan selalu konsumsi makanan yang seimbang dan olahraga teratur.Hindari makanan yang banyak mengandung zat adiktif  berbahaya karena dikhawatirkan justru memicu kanker.
Mencegah Penyakit Katarak
Riset yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Maryland,USA berhasil mengungkapkan fakta bahwa kandungan kafein pada kopi berkhasiat menurunkan tingkat stres oksidatif akibat dari radiasi sinar UV matahari,yang mana hal tersebut merupakan salah satu faktor penyebab penyakit katarak.
Mampu Menurunkan Resiko Diabetes
Sebagaimana dilansir oleh Republika,hasil penelitian yang dilakukan oleh Departemen Gizi Harvard Schooll of Public Health,Amerika Serikat menemukan fakta menurunnya resiko terkena penyakit diabetes tipe-2 selama 4 tahun terakhir ini salah satunya karena faktor meningkatnya konsumsi kopi ditengah-tengah masyarakat.Namun ini masih penelitian tahap awal dan masih harus diuji ketahap lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja kopi dalam menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 tersebut.
Nah itulah 7 manfaat konsumsi kopi berdasarakan penelitian para ahli.Jika ditarik kesimpulan agar kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh,tetaplah dikonsumsi secara wajar.Konsumsi kopi yang berlebihan justru dikhawatirkan akan berbahaya bagi kesehatan.Pola makan yang sehat dan diiringi dengan olahraga yang teratur tentunya jauh lebih penting dari pada sekedar hanya meminum secangkir kopi.

Comments