Mengenal Markisa Konyal, Buah Tropis Yang Kaya Manfaat

Salah satu jenis buah tropis yang sering kita jumpai yaitu buah markisa. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis markisa yang banyak dibudidayakan. Diantaranya seperti markisa ungu, markisa erbis, markisa kuning dan juga markisa konyal (Passiflora lingularis).
Konyal lain halnya dengan buah markisa yang lainnya. Mengapa demikian? Sebab, konyal ini bisa langsung dimakan tanpa harus membuatnya sebagai minuman segar terlebih dahulu.
Dari segi rasa markisa ini juga berbeda dengan yang lainnya. Karena, konyal merupakan jenis markisa hutan yang memiliki rasa manis dan menyegarkan.
Untuk ciri-cirinya, konyal mudah sekali dibedakan dengan markisa yang memiliki rasa asam. Markisa dengan rasa manis atau konyal (Passiflora ligularis) jika matang buahnya berwarna kuning tua hingga jingga.
Cara Budidaya Markisa Koyal
Untuk seluruh jenis markisa bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi 1000 sampai 2000 mdpl dengan jenis iklim basah. Nah, untuk markisa konyal bisa ditanam di dataran rendah sampai dengan 600 mdpl dengan tipe iklim basah.
Jika anda ingin mencoba budidaya jenis buah tropis ini, anda harus bisa melakukan cara yang tepat. Mulai dari pembibitan, penanaman, perwatan, hingga masa panennya. Berikut adalah cara membudidayakan konyal yang benar.
Pembibitan
Harus anda ketahui, jika markisa konyal ini di dalam memperbanyak bisa dilakukan dengan biji dan juga dengan stek cabang. Stek nantinya akan ditanam di persemaian.
Dan jika memperbanyak bibit dengan menggunakan biji, sebaiknya biji konyal tersebut disemaikan terlebih dulu. Bibit bisa dipindahkan atau ditanam di kebun sesudah tingginya lebih dari 50 cm. Biasanya memiliki daun 3 sampai dengan 4 helai.
Penanaman
Nah, sebelum bibit ditanam sebaiknya tanah dicangkul dengan baik. Tujuannya supaya tanaman pengganggu yang tumbuh di tanah untuk tanam bisa hilang sampi ke akar-akarnya.
Selanjutnya, anda bisa membuat lubang tanam, ukurannya sekitar 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 30 sampai dengan 40 cm.
Selanjutnya di setiap lubang sebaiknya anda beri pupuk kandang yang sudah matang sekitar 10 kg. Tujuannya supaya tanah yang akan ditanami bisa subur nantinya.
Bibit yang sudah siap bisa ditanam dalam lubang dengan jarak antar lubang tanam yaitu 2 m x 5 m. Akan lebih baik jika anda menanamnya saat akhir musim hujan supaya cepat berbunga. Sesudah tumbuh dengan baik, anda bisa memupuknya sesuai dengan aturan.
Berilah perambatan menggunakan sistem pagar. Untuk tiang pagarnya anda dapat menggunakan tanaman hidup.
Di dalam menjalarkan batang markisa anda bisa memakai kawat yang dibentangkan secara mendatar seperti perambatan pohon anggur. Setelah bibit tumbuh sampai bentangan kawat terbawah, bagian ujung bibit segera dipotong.

Nantinya, dari tunas yang tumbuh, akan dipilih tiga tunas yang kuat. Lalu akan dijalarkan pada bentangan kawat yang paling bawah dan satu lagi dibiarkan bisa tumbuh hingga bentangan kawat di atasnya.
Bunga akan muncul pada ketiak daun, pada umumnya yang berdaun tunggal. Jika cabang-cabang buah belum juga berbunga, maka anda perlu melakukan pemotongan. Jika sudah berbuah, maka buah markisa konyal tersebut akan terlihat bergantung pada kawat tersebut.
Pemanenan
Markisa konyal harus dipanen sesudah benar-benar matang pohon, tandanya yaitu sudah berwarna kuning dan bisa tercium aroma harum. Buah konyal yang masih muda masih berwarna hijau sebaiknya jangan dipanen, sebab mutunya akan jauh lebih rendah dan rasanya pun juga berbeda.
Manfaat Markisa Konyal
Markisa konyal ternyata juga kaya akan manfaat. Sebab, di dalamnya terdapat banyak kandungan zat dan juga vitamin. Berikut adalah manfaat buah konyal atau markisa hutan yang manis.
1. Melancarkan Pencernaan
Buah markisa di dalamnya terdapat kandungan serat yang tinggi. Jadi sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
Dan usus juga bisa menjadi bersih. Pada bagian biji dari buah ini pun juga dapat dimakan, sebab mengandung serat.
2. Menghambat Sel Kanker


Buah tropis ini kaya akan antioksidan. Antioksidan bisa bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Di dalam buah ini terdapat air dan antioksidan yang larut dalam lemak.
3. Menenangkan Penderita Asma
Untuk anda semuanya yang merupakan penderita asma, markisa konyal adalah jenis buah yang sangat bergizi dan bisa bermanfaat untuk menenangkan serangan asma.
Tak hanya karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C, buah ini juga memiliki efek memblokir histamin yang menimbulkan adanya gejala asma.
 Baca juga : Buah yang Berkhasiat Menurunkan Berat Badan
4. Memberikan Efek Relaksasi
Minum jus markisa bisa bermanfaat untuk membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda. Sehingga bisa menjadikan perasaan menjadi lebih tenang. Buah tropis yang manis ini juga dijadikan sebagai obat gangguan pencernaan.
5. Baik untuk Penderita Insomia
Di dalam buah markisa juga terdapat zat yang bisa memberikan efek mengantuk pada sistem saraf manusia. Jadi dapat merilekskan pikiran anda. Markisa konyal ini baik sekali untuk penderita insomnia. Anda bisa meminum jus markisa sebelum tidur agar bisa lebih rileks.

Comments