Manfaat Konsumsi Jagung Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Benar


Jagung adalah makanan pokok khas Indonesia selain nasi.Terutama bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi.Sedangkan olahan jagung yang paling terkenal diantaranya popcorn,jagung bakar,jagung panggang dan yang paling sederhana bisa juga hanya dijadikan jagung rebus.Jagung akan sangat dicari ketika malam pergantian tahun baru.Jagung mendadak banyak permintaan hingga kadang menjadi rebutan.


 Sekilas Tentang Jagung
Ilustasi Jagung ( Gambar: Aldul Hakeem Samae,pixabay)

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil korbohidrat terpenting di dunia.Dalam hal penghasil karbohidrat,jagung dapat disandingkan dengan tanaman padi dan gandum.Budidaya jagung pertama kali dilakukan oleh orang primitif  Meksiko sejak 7000 tahun yang lalu.Jagung diperkirakan dibawa oleh bangsa Portugis ke nusantara sekitar abad ke-16 masehi.Jagung sudah berbuah dan bisa dipanen berusia sekitar 3-5 bulan sejak ditanam. Bagian tanaman jagung yang biasa dikonsumsi adalah bijinya, baik yang masih muda ataupun yang sudah tua.Biji jagung yang sudah tua dan kering dapat diolah menjadi tepung,orang-orang mengenalnya sebagai tepung maizena.Tongkol jagung yang masih muda dapat diolah menjadi sayur.
Kandungan Nutrisi Jagung
Ternyata selain kaya akan kandungan karbohidrat,biji jagung akan nutrisi/gizi lainnya yang penting bagi tubuh manusia.Beberapa nutrisi penting biji jagung menurut USDA,semacam kementerian pertanian di Amerika Serikat diantaranya protein,vitamin A,vitamin B 1, vitamin B2,vitamin B 3,vitamin B 5,vitamin B 6,Folat,vitamin C,zat besi,magnesium,mangan,fosfor,kalium dan zink.Cukup lengkap bukan?
Manfaat Jagung Untuk Kesehatan
Manfaat jagung untuk kesehatan tentu saja ditunjang oleh kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya.Berikut adalah manfaat jagung untuk kesehatan yang segudangkhasiat.com rangkum untuk kamu.
Membantu mencegah penyakit divertikular


Divertikular atau divertikulosis yaitu kemunculan benjolan-benjolan kecil pada usus besar.Kram dan perut kembung adalah gejala utama penyakit ini.Pada beberapa kasus divertikulosis dapat menyebabkan pendarahan dan infeksi pada usus besar.
Penelitian yang melibatkan 47.228 pria menunjukkan bahwa responden yang mengkonsumsi jagung dalam bentuk popcorn dengan jumlah lebih banyak,cenderung berisiko lebih rendah terkena penyakit divertikular daripada yang mengkonsumsi popcorn dengan jumlah yang lebih sedikit.
Membantu mencegah penyakit jantung
Berdasarkan hasil penelitian mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kabar baiknya,jagung termasuk salah satu makanan yang tinggi serat dan protein.Mengganti asupan nasi putih dengan biji jagung dan kacang-kacang terbukti menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
Menjaga kesehatan mata
Jagung ternyata juga mengandung zeaxanthin dan lutein,yaitu zat yang penting dalam menjaga kesehatan mata. zeaxanthin dan lutein terdapat pada retina dan berfungsi untuk melindungan mata dari sinar UV.
Cara konsumsi jagung yang sehat
Jagung yang baru dipetik merupakan jagung yang terbaik untuk dikonsumsi.Jagung yang sudah tidak segar tinggi kandungan tepung dan rasanya mulai hambar.
Jika ingin membuat jagung rebus,baiknya gunakanlah panci yang lebar agar jagung dapat ditata sedemikian rupa.Isi panci dengan air hingga diperkirakan cukup merendam jagung dengan sempurna.Kemudian didihkan air tersebut dan biarkan selama beberapa menit agar kuman didalam air mati.Setelah itu masukkan jagung yang sudah dibersihkan,tambahkan 1 sendok makan garam.Tunggu sekitar 3-5 menit,angkat dan dinginkan.Jagung rebus siap dinikmati.
Jika memilih untuk dipanggang,sebaiknya pada saat memanggang jagung jangan terlalu banyak mengoleskan mentega karena dapat menyebabkan lonjakan kalori.Lebih baik oleskan saja minyak zaitun secukupnya untuk menambah rasa gurih dan aroma jagung panggang.







Comments