Beragam Khasiat Buah Delima Merah Bagi Tubuh Yang Harus Anda Tahu


Buah delima dengan nama latin Punica granatum ini merupakan tanaman buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Salah satu jenis buah delima yang memiliki banyak manfaat yaitu buah delima merah. Khasiat buah delima merah ini sangat baik untuk kesehatan.
Jenis buah delima merah yang asli dari Timur Tengah ini sudah banyak dikenal. Penyebarannya juga sudah meluas, yaitu sampai daerah subtropis dan juga daerah tropis. Buah delima merah ini sekarang dapat kita jumpai di dataran rendah sampai dataran yang tingginya kurang dari 1.000 m di atas permukaan laut.
Tanaman delima suka hidup di tanah yang gembur, subur, yang banyak mengandung unsur hara. Akan tetapi, tanaman ini tidak akan tumbuh baik dalam tanah yang terendam air.
Tanaman delima banyak ditanam di kebun untuk dijadikan tanaman hias, tanaman obat maupun digunakan untuk konsumsi. Delima merah memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
Mengenal Tanaman Delima Merah
Pohon delima merah termasuk salah satu jenis pohon perdu yang memiliki batang yang ukurannya kecil. Untuk tinggi pohonnya yaitu sekitar 2 sampai dengan 5 meter. Namun juga ada yang tumbuh liar dan tingginya hingga mencapai 8 meter.
Karena khasiat buah delima merah yang banyak, maka banyak yang ingin membudidayakannya. Perlu anda ketahui, karakter buah delima merah ini memiliki kayu keras dengan juga memiliki banyak cabang dan duri.
Untuk bagian daunnya merupakan daun tunggal dengan tangkai pendek dengan letak yang berkelompok. Buah delima merah ini pada permukaan daunnya terlihat mengkilap. Panjang daun pohon buah delima merah diantaranya 1 sampai dengan 9 cm. Dan lebarnya 0.5 sampai dengan 2,5 cm.
Lalu pada bagian buahnya sendiri, delima merah bentuknya bulat dengan memiliki diameter antara 5 sampai dengan 12 cm.Pada bagian kulit buahnya memiliki warna yang beragam. Ada yang memiliki kulit buah dengan warna hijau keunguan, coklat kemerahan, ungu kehitaman dan juga putih.
Khasiat Buah Delima Merah
Setelah mengetahui karakteristik buah delima, kini saatnya mengetahui berbagai macam manfaat yang ada pada buah delima. Biji delima dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak biji delima, yang mana sangat bermanfaat bagi kesehatan. Idealnya seseorang bisa mengonsumsi delima 1 sampai 5 buah delima.
photo:samuderabibit.com
Dengan mengonsumsi yang tepat, maka khasiat bush delima merah ini bisa anda dapatkan. Pada buah delima merah ini terkandung berbagai nutrisi, diantaranya seperti protein, karbohidrat, serat serta vitamin yang diperlukan tubuh.
Lalu apa saja sebenarnya khasiat buah delima merah? Agar lebih jelasnya berikut ini uraiannya untuk anda semuanya.
1. Membantu Mencegah Penyakit Jantung
Untuk orang yang memiliki risiko terkena serangan penyakit jantung koroner, anda semuanya bisa mencoba mengonsumsi jus buah delima merah. Sebab, khasiat buah delima merah ini juga baik untuk kesehatan jantung.
Zat yang terkandung dalam buah delima merah bisa membantu mengontrol tekanan darah dan juga bisa mencegah pembentukan penyumbatan pada pembuluh darah. Dengan begitu, buah ini juga bisa bermanfaat untuk menjaga aliran darah jantung serta pembuluh darah pada tubuh secara menyeluruh.


2. Membantu mencegah kanker
Tak hanya memiliki khasiat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung, dengan mengonsumsi buah delima merah dengan cara di jus ternyata bisa bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.
Manfaat yang seperti ini dapat anda peroleh apabila anda meminum jus delima merah ini secara teratur dan juga disertai dengan diet yang seimbang.
Karena, di dalam buah delima terdapat kandungan antioksidan yang tidak hanya bermanfaat melawan radikal bebas. Namun jenis buah ini juga bisa memperbaiki serta bisa mencegah kerusakan DNA yang bisa menyebabkan terjadinya sel kanker.
3. Mengurangi Risiko Kolesterol
Delima merah juga memiliki khasiat untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Sebab, di dalam buah delima ini kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.
4. Mengurangi Risiko Radang Sendi
Salah satu gangguan kesehatan yang sering dirasakan sebagian orang yaitu radang sendi. Nah, untuk anda yang menderita radang sendi maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk memakan buah delima merah.
Karena buah delima merah ini dipercaya mempunyai sifat antiinflamasi serta membantu dalam mengatasi peradangan di persendian. Anda bisa menjadikan buah delima ini sebagai camilan sehat dan segar. Namun dengan porsi yang tepat dan jangan berlebihan.
5. Memperkuat Gigi
Khasiat buah delima merah selanjutnya yaitu bisa untuk memperkuat gigi. Nutrisi yang ada pada delima merah manjur sekali untuk menguatkan gusi. Bahkan juga bisa untuk mengikat gigi yang mudah goyang.
Selain itu, di dalam buah delima juga terdapat sifat anti mikroba yang cukup efektif untuk melawan bakteri oral yang bisa mengakibatkan sariawan dan juga infeksi.



Comments