Khasiat Ketumbar Untuk Mencegah Diabetes


Rempah-rempah sudah lama diketahui mempunyai banyak khasiat menjaga kesehatan manusia.Salah satunya adalah biji ketumbar.Biji ketumbar yang biasanya digunakan untuk masak diketahui mengandung nutrisi penting yang berguna untuk tubuh diantaranya asam folat,kalium,vitamin C, K dan A serta zat besi.
Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kadar glukosa darah dan menjaga aktivitas insulin.Sebuah penelitian yang dilakukan  US National Library of Medicine pada tikus  yang diinduksi streptozotocin,biji ketumbar efektif mengendalikan pelepasan insulin dari sel beta pankreas pada tikus dengan penyakit diabetes.
Biji Ketumbar ( Gambar:Marina Pershina,pixabay)

Penelitian lain seperti dilansisr oleh republika.co.id yang dilakukan tahun 2013 diterbitkan oleh The British Journal of Nutrition mengatakan bahwa ekstrak biji ketumbar memiliki senyawa tertentu jika dilepaskan didalam darah menyebabkan efek anti-hiperglikemia, serta mengendalikan pengeluaran insulin yang dapat membantu menjaga glukosa darah dalam batas aman.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan khasiat biji ketumbar,bisa mencampurnya dalam masakan ataupun dengan merendam biji ketumbar semalaman kemudian diminum airnya pada waktu pagi saat perut masih kosong.Jika diminum secara teratur dan sesuai takaran yang pas kadar kolestrol jahat akan menurun dan sebaliknya akan menaikkan kadar kolestrol baik dalam darah.Banyak penelitian yang dilakukan menunjukan hubungan antara tingkat kolestrol jahat,gula darah dan tekanan darah terhadap resiko terkena diabetes dan penyakit jantung.Semakin tinggi kadar kolestrol jahat dalam darah semakin tinggi juga terkena penyakit diabetes dan jantung.
Hal-hal Yang perlu diperhatikan
Khasiat ketumbar untuk mengontrol gula darah sangat tergantung oleh banyak faktor diantaranya usia,kondisi kesehatan pengguna dan lainnya.
Disarankan tetap konsultasi pada dokter kepercayaan kamu sebelum mengkonsumsi biji ketumbar agar memastikan biji ketumbar sesuai atau tidak dengan kondisi kesehatan kamu saat ini.
Biji ketumbar jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan masalah pada hati,pernapasan,pencernaan, dan kulit.Jadi jika tetap ingin mengkomsusi ketumbar sebaiknya dalam porsi yang sedikit dan dicampur dalam makanan sebagai rempah penyedap rasa.


Comments