Manfaat Ikan Lele yang Tidak Kalah Dari Ikan Mahal

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang paling populer di Indonesia.Bentuk yang unik membuatnya mudah dingat.Ikan lele berbentuk lonjong, tanpa sisik dan sangat licin jika dipegang.Kepala berbentuk agak pipih.Ciri khasnya adalah kumis yang memanjang tumbuh dari sekitar mulut.
Produksi Lele Nasional
Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) produksi ikan lela nasional pada tahun 2010 sebesar 242 ribu ton dan terus meningkat hingga menenbus angka 679 ribu ton pada tahun 2014 dengan kenaikan rata-rata per tahun tidak kurang sebesar 100 ribu ton .Pada rancangan strategis tahun 2015-2019 yang disusun oleh Ditjen Perikanan Budidaya diharapkan produksi lele nasional tahun 2019 menembus angka 1.8 juta ton.
Manfaat Konsumsi Ikan Lele
ilustrasi  lele ( Denise H)
Ikan lele dikonsumsi dengan cara dibakar,salai,goreng maupun digulai.Olahan ikan lele yang paling terkenal diantaranya adalah pecel lele.Pecal lele sangat digemari oleh masyarakat kita buktinya hampir disemua wilayah dapat dengan mudah kita temui tempat makan yang menyediakan menu pecel lele.Harga yang terjangkau membuat orang sering menjadikan pecel lele sebagai menu makanan sehari-hari.Bukan hanya karena itu ternyata ikan lele mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita karena kaya kandungan gizi.Gizi penting yang dikandung ikan lele seperti.
-  Energi 145 kkal
-  Protein 15,45 gr
-  Lemak 9,09 gr
-  Natrium 65 mg
-  Kolesterol 82 mg
-  Asam lemak jenuh 2730 gr
-  Karbohidrat 8,54 gr
-  Kalium 326 mg
-  Sodium 398 mg
ilustrasi pecel lele ( bukalapak )
Berikut manfaat mengkonsumsi lele yang berhasil segudangkhasiat.com rangkum untuk kamu.
Membantu Pertumbuhan Tulang Janin
Ibu hamil sangat memerlukan asupan fosfor.Fosfor sangat penting dalam proses pertumbuhan tulang janin.Kandungan fosfor dalam 100 gram ikan lele adalah sebesar 168 mg.Sebagai perbandingan kandungan fosfor yang dimilik telur hanya sebesar 100 mg.Kekurangan fosfor dalam tubuh selama kehamilan akan menyebabkan osteoporosis karena janin akan mengambil fosfor dari ibunya.


Ikan lele juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena rendah kandungan merkuri yang berbahaya. Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) dan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat menyatakan ikan lele merupakan salah satu ikan rendah merkuri selain ikan salmo,sarden dan nila.
Sebagai Sumber Protein
Ikan lele kaya akan kandungan asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin yaitu bahan penyusun zat protein. Zat protein sangan berguna untuk memelihara jaringan tubuh manusia seperti mata,otot,jantung,kulit,rambu.Pada dasarnya semua jaringan tubuh manusia terbuat dari protein.Kandungan protein pada lele ternyata juga lebih tinggi dari susu.
Kesehatan kardiovaskular
Pada setiap 100 g ikan lele mengandung sekitar 326 mg kalium.Dengan rutin mengkonsumsi ikan lele yang kaya kalium membantu kesehatan kardiovaskular kamu.Kalium dalam tubuh berfungsi juga membantu menjaga tekanan darah,membersihkan kardan CO2 dalam darah dan membantu menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh.
Menjaga kesehatan Jantung
Ikan lele juga mengandung 20 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6 yaitu zat yang berperan menjaga kesehatan jantung.Namun asupan omega 6 yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan karena dapat menaikkan resiko pengumpalan darah.
Meskipun mengandung segudang manfaat tetap harus dikonsumsi sejawarnya ya sobat karena dikhawatirkan mengakibatkan hipertiroid.Sobat segudangkhasiat.com juga harus teliti memilih ikan lele yang akan dikonsumsi karena banyak pembudidaya lele memberikan pakan bangkai ,pilihlah dari tempat yang menjaga kebersihan kolam dudidaya lelenya ya sobat.



Comments