Mengetahui Khasiat Jamblang, Buah Tropis Hitam Yang Mirip Anggur


Apakah anda mengenal buah jamblang? Mungkin sebagian ada yang mengenal buah jamblang ini dengan sebutan lain, misalnya saja buah duwet. Buah jamblang ini mirip dengan anggur, namun bentuknya lebih memanjang. Tahukah anda, khasiat jamblang ternyata sangat banyak. Buah ini baik untuk kesehatan badan dan juga kesehatan kulit.
Jamblang termasuk salah satu jenis buah tropis yang sudah banyak tersebar di kawasan Asia, termasuk juga di Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia sudah banyak yang mengenal buah jamblang atau buah duwet ini.
Nah, jika di Indonesia buah jamblang atau buah duwet ini banyak dijumpai di wilayah pedesaan. Tanaman yang bernama latin Syzygium cumini ini memang diketahui memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan.
Khasiat Jamblang Untuk Kesehatan
Buah jamblang yang memiliki rasa asam manis ini memiliki banyak kandungan nutrisi.Namun, saat ini buah ini sudah mulai jarang dijumpai. Dulu, buah ini banyak dijumpai dimana-mana terutama di wilayah pedesaan.
Perlu anda ketahui, buah jamblang mengandung vitamin C. Kemudian, dalam buah jamblang ini juga terdapat kandungan mineral seperti halnya kalsium, zat besi, kalium, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Bahkan, untuk kandungan kalium dan kalsium yang ada dalam buah ini cukup tinggi. Nah, berikut ini adalah berbagai khasiat jamblang yang bisa anda ketahui.
1. Menjaga Kesehatan Kulit
Khasiat jamblang yang pertama yaitu menjaga kesehatan kulit. Buah ini menstimulasi kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan di dalam buah jamblang terdapat kandungan vitamin C yang bisa menyehatkan kulit.  Kulit anda bisa tampak lebih cerah dan berkilau dengan terapi menggunakan vitamin C.
Tak hanya vitamin C, di dalam buah jamblang juga terdapat zat anti oksidan. Anti oksidan ini perannya yaitu membantu tubuh melawan unsur radikal bebas yang bisa membuat sel kulit menjadi rusak dan bisa memberikan efek penuaan dini.
2. Mencegah Penyakit Jantung
Di dalam buah jamblang terdapat kandungan asam ellagic (ellagitannins), dan anthocyanidins yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi. Nah, fungsi dari senyawa ini yaitu untuk mencegah oksidasi kolesterol yang bisa memicu penyakit jantung.
Tak hanya itu saja, buah jamblang juga termasuk sumber kalium. Dimana zat tersebut bisa membantu mencegah hipertensi yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit jantung.
3. Obat Infeksi
Tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat. Bagian lain dari jamblang juga mempunyai banyak manfaat. Diantaranya seperti biji, daun, kulit, dan juga batang bisa bermanfaat untuk obat infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Tanaman jamblang juga menyimpan senyawa seperti tanin, asam malat, asam galat, dan juga asam oksalat. Nah, senyawa inilah yang memiliki fungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan juga gastroprotektif.
4. Melancarkan Pencernaan dan Kesehatan Mulut
Khasiat jamblang kali ini bukan dari bagian buahnya namun dari bagian daunnya. Siapa sangka daun jamblang juga ada manfaatnya. Daun pohon jamblang ternyata sudah banyak digunakan sebagai obat diare dan obat maag di dunia obat tradisional.
Sebab, pada bagian daun jamblang tersebut mempunyai sifat antibakteri. Maka dari itu dapat dimanfaatkan juga sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan pada mulut.
5. Membantu Menambah Kebugaran serta  Konsentrasi
Salah satu kandungan mineral yang terdapat di buah jamblang yaitu zat besi. Dalam 100 gram buah jamblang atau buah duwet ini setidaknya terdapat 1,4 mg zat besi.  Dan kandungan zat besi ini bisa membantu meningkatkan kadar zat besi yang ada di dalam tubuh dengan alami.
Zat besi sangat penting sekali untuk proses pembentukan hemoglobin, yaitu unsur sel darah merah. Yang mana memiliki fungsi untuk mengikat oksigen agar bisa dihantarkan pada seluruh tubuh.
Dan pada saat anda semuanya mengonsumsi makanan yang banyak terdapat kandungan zat besi, maka tubuh anda akan mendapatkan zat besi baru dalam proses pembentukan hemoglobin.
Pada saat kebutuhan hemoglobin anda terpenuhi, tubuh akan menjadi terasa lebih bugar. Jadi, anda tidak lagi menjadi mudah mengantuk, bisa terhindar dari kurang konsentrasi atau mudah lelah.
Nah, zat besi yang ada pada buah jamblang inilah yang bisa membuat anda lebih meningkat konsentrasinya dan juga bisa lebih merasa bugar di setiap harinya.

Susah Tidur? Buah Ini Bisa Membantu Kamu Tidur Nyenyak


6. Membantu Proses Penurunan Berat Badan
Khasiat jamblang selanjutnya yaitu dapat membantu proses penurunan berat badan.  Jadi, pas sekali untuk anda semuanya yang sedang menjalankan program diet. Lalu, apa yang menyebabkan buah jamblang ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan sehat. 
Nah, untuk salah satu alasan yaitu karena di dalam buah jamblang ini terdapat komponen serat. Serat yang terdapat pada buah jamblang ini bisa membantu sistem pencernaan bekerja semakin lancar.
Kandungan serta yang ada di dalam buah jamblang ini bisa membantu kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tak hanya itu saja, serat juga bisa membantu memaksimalkan pembuangan kotoran serta endapan lemak yang ada di dalam pencernaan.
Khasiat jamblang juga bisa membantu dalam pembakaran energi dan juga dapat membantu mengurangi cadangan lemak dalam tubuh. Jadi, pas sekali buat anda yang ingin menurunkan berat badan.

Comments