Manfaat Serai Dalam Kehidupan Sehari-Hari Selain Untuk Bumbu Masak


Serai atau sereh dikenali karena aromanya yang khas dan menyegarkan.Biasa digunakan sebagai bahan pelengkap masakan.Tambahan serai dalam masakan memberikan aroma harum yang khas hingga menggugah selera untuk segera menikmati masakan tersebut.Namun disebalik kegunaan serai sebagai bumbu dapur tak banyak orang yang tau bahwa serai memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.
Kandungan nutrisi Serai
Tunbuhan Serai  ( Gambar: Bishnu Sarangi ,pixabay)

Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak mengetahui kandungan nutrisi yang terkandung dalam serai.Ketidak tahuan itu mungkin karena serai bukanlah bumbu masak yang mempunyai nilai ekonomis tinggi  layaknya jahe atau lada sehingga tak banyak yang tertarik mencari informasi mengenai kandungan nutrisi didalam serai.Berikut adalah kandungan nutrisi 100 gram serai berdasarkan USDA National Nutrient Database.
Kalori: 99 Kkal
Karbohidrat: 25.31 g
Protein 1.82 g
Lemak: 0.49 g
Asam folat: 75 mcg
Niasin (vitamin B3): 1.101 mg
Piridoksin (vitamin B6): 0.80 mg
Riboflavin (vitamin B2): 0.135 mg
Thiamin (vitamin B1): 0.065 mg
Vitamin A: 6 mg
Vitamin C: 2.6 mg
Sodium: 6 mg
Kalium: 723 mg
Kalsium: 65 mg
Tembaga: 0.266 mg
Besi: 8.17 mg
Magnesium 60 mg
Mangan: 5.244 mg
Selenium: 0.7 mcg
Zinc: 2.23 mg

Khasiat Serai
Serai umumnya digunakan untuk menambah aroma harum pada masakan.Tapi tahukan kamu ternyata serai banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari?.Berikut segudangkhasiat.com rangkumkan manfaat serai untuk kamu.
Mengusir Nyamuk
Ternyata aroma khas dan menyegarkan serai tidak disukai nyamuk.Jika kamu tidak suka racun nyamuk bakar, serai dapat dijadikan alternatif anti nyamuk yang alami.Caranya oleskan minyak serai pada kulit tangan,kaki atau dimana saja yang kamu khawatirkan akan digigit.Aroma serai yang kuat dipercaya membuat nyamuk tidak berani mengigit.Selamat mencoba ya sobat.
Minum Teh Serai Mampu Meredakan Nyeri Sendi dan Otot
Seharian bekerja dapat mengakibatkan sendi dan otot tubuh terasa nyeri.Nah serai dapat dijadikan obat alami untuk masalah nyeri sendi dan otot.Caranya minum segelas teh serai hangat setelah lelah seharian beraktifitas atau pijat daerah yang nyeri dengan minyak serai.
Mengobati sariawan
Serai dipercaya mampu mengatasi sariawan pada mulut karena jamur atau bakteri.Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa serai mampu meringkan masalah mulut akibat jamur pada penderita HIV/AIDS karena serai bersifat anti bakteri,anti jamur dan juga anti imflamasi.
Akar Serai Dapat Mengatasi Perut Kembung
Mengkonsumsi rebusan akar serai dapat mengatasi perut kembung,masuk angin sekaligus masalah radang tenggorokan.Caranya adalah sebagai berikut:
Rebus akar serai secukupnya yang telah dicuci dengan 3 gelar air bersih
Kemudian didihkan hingga air rebusan menjadi 1 gelas
Saring air rebusan dan buang akar serainya.
Konsumsi air rebusan serai setiap pagi dan malam sebelum tidur.
Nah sobat itulah manfaat serai yang berguna untuk kehidupan kamu sehari-hari.Sebagai saran segeralah menanam serai dipekarangan rumah kamu ya sobat,supaya sewaktu-waktu dibutuhkan dapat segera dimanfaatkan.




Comments