7 Manfaat Super Konsumsi Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak kenal semangka?.Buah yang banyak mengandung air ini mempunyai banyak penggemar.Selain mudah ditemukan dan harganya terjangkau,semangka digemari karena bisa dijadikan pengusir dahaga disaat cuaca panas.Semangka dapat lansung dinikmati ataupun bisa juga diolah menjadi jus.Saat ini banyak sekali jenis semangka yang beredar dipasaran.Mulai dari semangka daging merah yang sudah lama kita kenal dan jenis semangka daging kuning yang baru-baru ini menjadi primadona baru.
Kandungan Nutrisi Apa Saja yang Ada Dalam Semangka? 
ilustrasi Semangka ( Gambar: steve buissinne,pixabay)
Di balik rasanya yang manis dan segar,semangka mengandung banyak sekali nutrisi penting.Kandungan nutrisi penting dalam semangka diantaranya vitamin A,B1,B2,B3,B5,B6 dan C.Selain itu semangka juga kaya akan kandungan protein,folat,kalsium,kalium,zat besi,fosfor,zink hingga karbohidrat.Nah dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki semangka,tak heran buah segar ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.Berikut manfaat konsumsi buah semangka yang segudangkhasiat.com rangkum untuk kamu.
Manfaat Konsumsi Semangka
Kandungan nutrisi yang berlimpah dalam semangka banyak bermanfaat untuk kesehatan.Berikut adalah manfaat konsumsi semangka bagi kesehatan tubuh.
  • Membantu penyembuhan luka 
  • Mencegah kanker prostat  dan penyakit jantung 
  • Meningkatkan kualitas sperma 
  • Menjaga kesehatan kulit 
  • Membantu proses pencernaan 
  • Membantu meringankan nyeri otot 
  • Membantu menghidrasi tubuh
Untuk lebih jelasnya simak penjelasnya berikut ini.

Manfaat semangka untuk membantu penyembuhan luka
Bagian daging semangka yang berwarna putih yang biasanya bukan menjadi bagian favorit untuk dimakan ternyata banyak mengandung citrulline,yaitu asam amino yang bermanfaat membantu proses penyebuhan luka dan pembelahan sel.
Bermanfaat mencegah kanker prostat dan penyakit jantung
Kamu pasti sudah tau lycopene,yaitu senyawa antioksidan pada tanaman yang mampu mencegah penyakit kanker prostat dan jantung.Tanaman yang paling banyak mengandung lycopene salah satunya adalah tomat.Namun tomat kurang enak jika lansung dimakan.Kamu harus memasak tomat menjadi sayuran atau dibuat jus agar sedap di lidah.
Semangka bisa menjadi alternatif asupan lycopene bagi kamu yang tidak mau ribet.Kamu dapat lansung mengkonsumsi semangka untuk mendapatkan asupan lycopene.Bahkan satu cangkir jus semangka mengandung 40 persen lebih kandungan antioksidan daripada tomat.
Meningkatkan kualitas sperma
Salah satu kandungan dalam semangka adalah asam folat.Asam folat penting untuk menjaga kualitas sperma.Sebuah studi mengungkapkan kurangnya asupan asam folat dapat menurunkan kualitas sperma.Asam folat juga diketahui mampu mengingkatkan jumlah sperma.
Selain mampu menjaga kualitas sperma tetap baik,asam folat juga mampu mengurangi depresi.Asam folat berguna untuk meransang produksi neurotransmitter dalam otak,yaitu sejenis zat yang mampu meredakan depresi.
Asupan asam folat yang cukup ternyata juga mampu menghindarkan kamu dari masalah anemia karena asam folat juga berperan penting dalam produksi sel darah merah.
Menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik
Rutin mengkonsumsi semangka sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena semangka mengadung vitamin A dan C.Vitamin A dalam tubuh salah satunya berfungsi membantu memproduksi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak,sehingga kulit kamu tetap lembut dan tidak bersisik.Sedangkan vitamin C beguna dalam proses pembentukan kolagen yang akan membuat kulit kamu tetap kenyal dan mulus.
Menjaga pencernaan tetap lancar
Semangka sangat kaya kandungan air dan serat.Konsumsi serat yang cukup dapat membantu mengatasi masalah buang air besar.Sedangkan air berfungsi membantu proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh melalui urine,keringat dan kotoran.
Membantu meringankan nyeri otot
Hasil studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry sebagaimana yang dilansir oleh liputan6.com,minum jus semangka bagi atlet sebelum latihan yang intens meringankan nyeri otot dan dekat jantung pada hari berikutnya.Hal ini dikarenakan semangka mengandung asam amino,arginina dan sitrulin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Applied Phyusiology mendapati atlet yang mengkonsumsi sitrulin dapat meningkatkan kinerja olahraga lari dan bersepeda.
Membantu menghidrasi tubuh
Pada saat panas menyengat,konsumsi buah semangka merupakan pilihan yang tepat.Kandungan air yang tinggi dalam semangka mampu membuat tubuh terhidrasi dengan baik.Kekurangan cairan dalam tubuh dapat memicu dehidrasi.Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga akan menggangu kestabilan tubuh.
Nah sekarang sudah jelas ya sobat manfaat konsumsi semangka secara rutin.Meskipun semangka sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita,tetap konsumsi sewajarnya dan jangan lupa menerapkan pola makan sehat dan berimbang.Segala sesuatu jika dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik ya sobat. 
Jangan simpan semangka dalam kulkas

Buah segar dan banyak mengandung air memang sangat ideal dinikmati saat musim panas.Tak heran banyak orang mempunyai stok buah segar di dalam kulkas.Namun tidak sebuah jenis buah cocok di simpan dalam kulkas.Salah satu buah yang tidak cocok di simpan dalam kulkas adalah semangka.Kadar likopen dalam semangka yang berguna untuk mencegah kanker akan meningkat hingga 40 persen jika di simpan dalam suhu ruangan.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of  Nutrition mengungkapkan bahwa buah semangka yang tidak di simpan dalam kulkas akan menaikkan kandungan asam amino arginine.Asam amino arginine dalam semangka bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalani program diet karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Comments