Rasanya Pahit,Inilah Segudang Khasiat Buah Pare

Pare atau sebagian orang menyebutnya peria adalah tumbuhan merambat yang tumbuh subur di daerah tropis.Di duga pare berasal dari India dengan nama latin Momordica charantia.Buah pare berwarna hijau, berbentu lonjong dengan permukaan yang tidak rata.Tumbuhan yang masih kerabat labu-labuan ini diolah menjadi sayuran terutama di negara-negara asia.Biasanya pare dimasak tumis dengan tambahan rasa pedas atau bisa juga dimasak santan.Namun rasanya yang pahit membuat banyak orang tidak menyukai sayuran ini.
Kandungan Gizi Buah Pare
Selain rasanya yang pahit,sedikit orang yang mengetahui bahwa pare mengandung begitu banyak gizi yang berguna bagi tubuh kita.Berikut adalah rincian kandungan gizi buah pare berdasarkan riset yang dilakukan oleh USDA ( Kementerian Pertanian Amerika Serikat ).
Kandungan
Satuan
Kebutuhan Harian
Energi
17 Kcal
< 1%
Karbohidrat
3.70 g
3%
Protein
1.00 g
2%
Lemak total
0,17 g
0,5%
Kolesterol
0 mg
0%
Serat makanan
2,80 g
7%
Folat
72 mcg
18%
Niacin
0,400 mg
2,5%
Asam pantotenat
0,212 mg
4%
Pyridoxine
0,043 mg
3%
Riboflavin
0,040 mg
3%
Thiamin
0,040 mg
3,5%
Vitamin A
471 IU
16%
Vitamin C
84 mg
140%
Sodium
5 mg
< 1%
Kalium
296 mg
6%
Kalsium
19 mg
2%
Tembaga
0,034 mg
4%
Besi
0,43 mg
5%
Magnesium
17 mg
4%
Manggan
0,089 mg
4%
Seng
0,80 mg
7%
Karoten-ay
190 mcg
-
Karoten-a
185 g
-
Lutein-zeaxanthin
170 mcg
                       -

Segudang Khasiat Buah Pare
Dewasa ini berbagai penelitian berhasil mengungkapkan segudang khasiat dari mengkonsumsi buah pare.Perlahan pamor buah pare mulai terangkat ditengah-tengah masyarakat kita.Rasanya yang pahit tidak lagi menjadi penghalang orang-orang untuk mengkonsumsi buah pare.Berikut segudang khasiat buah pare yang berhasil segudangkhasiat.com rangkum dari berbagai sumber.
ilustrasi pare (shutterstock)
Berkhasiat Mencegah Penyakit Diabetes
Pada buah pare terdapat kandungan zat penting berupa peptida,alkaloid dan juga charatin yang meransangkan penyerapan glukosa dalam darah.Diketahui juga charatin mampu meransang sel beta pankres,yaitu organ yang berfungsi memproduksi insulin dalam tubuh.Orang yang menderita diabetes tipe 1 prankreas mengalami kerusakan sehingga produksi insulin tertanggu.
Berkhasiat Menjaga Imunitas Tubuh
Setiap 100 g buah pare mengandung sekitar 84 mg vitamin C.Vitamin C bertanggung jawab terhadap ketahanan tubuh dari gangguan benda asing.Mengkonsumsi buah pare secara rutin dan terukur dengan sendirinya mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.
Berkhasiat Menghambat Virus HIV
Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Naturopathic Medicine kandungan fitokimia dalam pare dapat menghambat aktivitas virus HIV dalam tubuh,jika dikombinasikan dengan pengobatan AIDS pare dapat memberikan efek tambahan yang positif.
Berkhasiat Menjaga Kesehatan
Setiap 100 g pare mengandung 471 IU atau sekitar 16% kebutuhan vitamin A per hari.Dengan mengkonsumsi pare membantu penglihatan kamu tetap dalam kondisi yang prima.
Berkhasiat Mencegah Asam Lambung
Rasa pahit pare mampu menstimulasi sekresi lendir yang ahirnya mampu mengendalikan tingkat asam lambung didalam tubuh sehingga menjauhkan kamu dari tukak lambung.
Ternyata luar biasa ya sobat khasiat buah pare,jadi jangan ragu jika diajak makan pare meskipun rasanya  pahit.

                     




Comments