Manfaat Bawang Merah Selain Untuk Bumbu Masakan Yang Wajib Diketahui

Siapa yang tak kenal aroma harum bawang merah goreng?.Ya bawang merah tumbuhan sejenis umbi-umbian ini merupakan salah satu bumbu masak yang selalu ada dalam daftar belanja dapur ibu-ibu.Hampir semua resep masakan kelurga menyertakan bawang merap sebagai bumbu utama yang wajib ada disetiap masakan.Seolah-olah tanpa kehadiran bawang merah masakan tidak bisa dinikmati secara sempuna.Begitu krusialnya kehadiran bawang merah disetiap dapur kelurga membuat permintaan akan bawang merah begitu stabil dan tidak terpengaruh dengan lonjakan harga ketika produksi bawang merah mengalami gangguan karena berapa faktor salah satunya karena cuaca.
Kandungan Gizi Bawang Merah
ilustrasi bawang merah (Hans Braxmeier,pixabay)
Dibalik peran bawang merah dalam racikan masakan,tak banyak yang tau nilai gizi yang terkadung didalamnya.Berikut adalah kandungan gizi setiap 100 gram bawang merah berdasarkan rilis  USDA Nutrient database.
Energi 166 kJ (40 kcal)
Karbohidrat 9,34 g
Gula 4,24 g
Diet serat 1,7 g
Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0,042 g
monounsaturated 0,013 g
polyunsaturated 0.017 g
Protein 1,1 g
Air 89,11 g
Vitamin A equiv. 0 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,046 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,027 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0.116 mg (1%)
Vitamin B6 0,12 mg (9%)
Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
Vitamin B12 0 mg (0%)
Vitamin C 7.4 mg (12%)
Vitamin E 0,02 mg (0%)
Vitamin K 0,4 mg (0%)
Kalsium 23 mg (2%)
Besi 0,21 mg (2%)
Magnesium 0,129 mg (0%)
Fosfor 29 mg (4%)
Kalium 146 mg (3%)
Sodium 4 mg (0%)
Seng 0,17 mg (2%)
Manfaat Bawang Merah
Mengingat zat bermanfaat dalam bawang merah tak heran bawang merah juga berguna bagi tubuh manusia.Berikut manfaat bawang merah yang kami rangkum untuk kamu.
Bisa Mengatasi Kulit Gatal Karena Gigitan Nyamuk
Kita semua pernah merasakan gatal karena gigitan nyamuk.Rasa gatal itu disebabkan oleh suntikkan air liur nyamuk yang mengandung protein dan antikoagulan.Protein inilah yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan histamin supaya menetralkannya.Senyawa ini membantu sel darah putih mencapai area yang digigit nyamuk, sehingga menyebabkan bentol dan gatal.
Daripada menggaruknya dan malah akan menyebabkan luka pada area yang digigit segera ambil beberapa siung bawang merah kemudian iris tipis-tipis,tempel ditempat yang gantal tadi.Diamkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.
Mengandung  Folat
Bawang merah mengandung 19 mg folat disetiap 100 gramnya.Kandungan Folat diketahui berguna mencegah cacat janin dalam kandungan serta dapat menjaga kesehatan ibu selama kehamilan.
Menangkal Radikal Bebas
Antioksidan flavonoid yang tedapat pada bawang merah diketahui membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.Radikal bebas dalam tubuh dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit kronis.Contoh penyakit yang dikaitkan dengan radikal bebas diantaranya serangan jantung,kanker, katarak dan menurunnya fungsi ginjal.
Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Kandungan B6 yang terdapat dalam bawang merah berguna membantu pembentukan sel darah merah dan dipercaya dapat mengurangi perasaan ingin muntah pada ibu hamil.
Nah sobat sekarang kamu sudah tau manfaat bawang merah,meskipun kaya manfaat tetaplah konsumsi bawang merah sewajarnya karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.Jika sobat mengalami gangguan kesehatan setelah konsumsi bawang merah segera hentikan mengkonsumsinya dan hubungi dokter karena setiap manusia mempunyai karakteristik masing-masing.
Baca Juga:Khasiat Buah Mangga,Salah Satunya Bagus Untuk Diet 

Comments