Khasiat Buah Pisang,Buah Dari Surga


Hampir semua orang pernah memakan buah pisang.Pernyataan tersebut tidaklah berlebihan mengingat sangat populernya buah pisang dikalangan masyarat kita.Jenis pisang yang populer dan mudah dijumpai diantaranya pisang kepok,pisang tanduk,pisang raja,pisang ambon, dan pisang cavendish.
 Buah pisang yang telah matang dan segar dapat lansung dimakan maupun diolah lagi menjadi berbagai jenis panganan yang bergizi tinggi.Kandungan gizi buah pisang yang melimpah menjadikan buah pisang menjadi primadona orang-orang yang mendambakan hidup sehat.Bahkan kalau diperhatikan banyak atlet menjadikan pisang sebagai buah favorit mereka.Hal ini tentu saja sangat wajar mengingat kandungan gizi buah pisang cukup lengkap jika dibandingkan buah lainnya.Kandungan Gizi untuk 100 seperti yang dilansir oleh Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) adalah sebagi berikut.
                               
kandungan Gizi
Jumlah
Vit B6
88 Kcal
Lemak
0,3 g
Kalium
358 g
Natrium
1 mg
Kolestrol
0 g
Vit A
64 IU
Vit B6
0,4 mg
Vit C
8,7 mg
Kalsium
5 mg
Magnesium
27 mg
Zat Besi
0,3 mg















Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap itu buah pisang dipercaya banyak sekali khasiatnya untuk tubuh manusia,berikut adalah khasiat buah pisang yang perlu kamu ketehahui agar kamu semakin rutin menikmati buah surga ini.
sumber gambar: www.happyfresh.id

1.      Membantu mengatasi Anemia
Zat besi yang dikandung buah pisang dapat membantu mengatasi Anemia.Agar manfaatnya maksimal disarankan rutin mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari.


2.      Membantu menjaga Tekanan Darah
Menurut Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat rutin mengkonsumsi pisang dapat membantu menjaga tekanan darah karena pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi dan rendah kandungan garam.
3.      Dapat memperkuat tulang
Kandungan kalsium pada pisang dapat memperkuat tulang kamu agar kegiatan sehari-hari kamu bisa berjalan dengan sehat dan menyenangkan karena tulang yang kuat menjamin kamu bergerak dengan bebas dan leluasa.


4.      Dapat menjaga kesehatan Mata
Kandungan Vitamin A pada pisang dapat membantu menjaga kesehatan mata kamu.Pisang dapat dijadikan alternatif pengganti wortel bagi yang tidak suka makan wortel.

5.      Menjaga kadar gula darah
Bagi penderita diabetes menjaga pola makan sangatlah penting agar gula darah tetap stabil.Pisang dapat dijadikan alternatif panganan karena mengandung pektin yang berfungsi mengatur kandungan glukosa dalam darah.
Nah sekarang kamu sudah tau mengenai manfaat buah pisang,meskipun manfaat buah pisang sangat banyak tetaplah mengkonsuminya secara wajarnya karena sesuatu yang berlebihan malah akan berbahaya terhadap kesehatan kamu. Pisang tidak disarankan bagi kamu yang mengkonsumsi obat jenis beta-blockers karena kalium dipercaya berdampak negatif terhadap obat itu.

Comments