Manfaat Piknik Bagi Kesehatan yang Wajib Kita Tahu

Manfaat piknik bagi kesehatan tentu saja tidak boleh kita anggap remeh. Meskipun menjadi kegiatan yang sederhana dan sering kita lakukan, tetapi manfaatnya sangat luar biasa.Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Tidak hanya tidur saja, piknik juga menjadi salah satu pilihan agar tubuh memiliki waktu untuk beristirahat.Jangan pernah anda meremehkan manfaat piknik bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Pasalnya, selain ini menjadi momen yang sangat berharga, juga bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan semangat hidup kita

Siapa yang menyangka bahwa ternyata manfaat piknik ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental.Padatnya aktivitas karena terlalu sibuk bekerja terkadang membuat kita lupa piknik. Padahal terlalu sibuk bekerja tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.
Manfaat Piknik ( Gambar: pixabay )

Manfaat Piknik Bagi Kesehatan

Bagi anda yang saat ini jarang piknik karena terlalu sibuk bekerja, ada baiknya untuk segera merubah pola hidup tersebut. Sebab, sibuk bekerja dan menjalani aktivitas yang terlalu padat membuat pikiran menjadi penat.Selain itu, juga bisa menambah beban pikiran, sehingga akan mudah lelah dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Waktu produktif anda juga dapat terganggu karena terlalu lelah.Piknik untuk kepentingan kesehatan menjadi hal utama. Sehingga ketika memiliki waktu luang, bisa menggunakannya untuk piknik bersama orang-orang tercinta.

Akibat Kurang Piknik

Tidak hanya manfaat piknik bagi kesehatan saja yang kita pikirkan, mengetahui dampak atau akibat kurang piknik pun juga tidak kalah pentingnya.Berikut ini adalah akibat kurang piknik yang mesti anda waspadai. Bila akibat tersebut sudah menimpa anda, kami sarankan agar anda segera bergegas untuk piknik

 Stress

Stress merupakan kondisi ketika kita mengalami gangguan pikiran. Ini dapat menjadi salah satu akibat karena kita kurang piknik.Meskipun hal tersebut sudah sangat wajar, akan tetapi kita tidak boleh menyepelekannya. Ketika kita bekerja, otak dan tenaga terus terforsir, maka pikiran kita akan menjadi tertekan

Apabila otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka akan menimbulkan stress. Jika stress ini terjadi secara berlarut-larut, maka akan berakibat pada sistem metabolisme tubuh.Dengan kata lain, sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Jika anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka silahkan jadwalkan waktu rutin anda untuk piknik.

Sering Menderita Sakit Kepala

Manfaat piknik bagi kesehatan memang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Pasalnya, kurang piknik dapat membuat kita sering menderita sakit kepala.Apabila anda terlalu sering menderita sakit kepala, bisa jadi hal tersebut karena anda kelelahan. Selain itu, juga karena terlalu stress.

Bukan hanya itu saja, sering menderita sakit kepala juga diakibatkan karena pekerjaan yang menumpuk dan tidak ada selesainya. Semakin banyak beban pikiran dan target dalam sebuah pekerjaan, maka akan semakin mudah bagi anda untuk terserang sakit kepala.Hal tersebut karena kepala kita terus tegang setiap waktu tanpa istirahat yang cukup. Bila anda sudah sering mengalami sakit kepala semacam ini, ada baiknya untuk segera piknik.

Penuaan Dini

Siapa sangka, akibat dari kita kurang piknik bisa mempercepat penuaan dini. Orang yang kurang piknik akan terlihat lebih tua dari usianya yang sebenarnya.Hal tersebut terjadi karena terlalu fokus pada pekerjaannya. Bisa jadi karena sering sibuk memikirkan sesuatu. Akibatnya otak akan merakan tekanan dan paksaan untuk terus bekerja.

Sehingga, peredaran darah dan juga asupan oksigen dalam tubuh menjadi terganggu. Maka dari itulah, penuaan dini ini akan cepat menyerang.

Sulit Tidur

Jika salah satu manfaat piknik bagi kesehatan adalah membuat tidur kita menjadi nyenyak dan waktu istirahat lebih banyak, maka akibat dari kurang piknik ini justru sebaliknya. Kita akan sulit tidur jika kurang melakukan kegiatan berlibur seperti piknik.Beban yang belum kunjung terselesaikan terkadang akan membuat seseorang mengalami susah tidur. Terutama ketika malam hari.

Tanpa kita sadari pikiran akan terus berupaya untuk mengingat dan memikirkan suatu masalah yang belum terselesaikan. Meskipun sebenarnya fisik kita sudah lelah dan ingin segera istirahat.Apabila sulit tidur ini sudah mengganggu anda, maka cobalah untuk mengingat kapan anda terakhir kali pergi piknik. Pastikan anda piknik untuk sementara waktu agar mendapatkan ketenangan.

Rambut Rontok

Siapa sangka, rambut rontok merupakan salah satu dampak buruk karena kita kurang piknik. Itulah mengapa manfaat piknik bagi kesehatan menjadi sangatlah penting.Rambut yang rontok ini dapat kita alami terjadi saat kita stress. Tidak menutup kemungkinan bahwa stress fisik bisa mendorong dan memicu terjadinya pelemahan rambut untuk tumbuh.Rambut kita yang terkena efeknya akan mengalami kerontokan secara tiba-tiba. Misalnya saja saat kita tengah menyisir maupun keramas.

Mudah Sekali Marah

Marah merupakan luapan rasa emosi yang sering ditunjukkan oleh seseorang karena rasa kesalnya terhadap berbagai macam hal. Akan tetapi, jika rasa marah ini sering kali muncul, tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan.Orang yang mengalami stress, akan lebih mudah untuk menunjukkan kemarahannya. Bahkan akan sering merasa tersinggung meskipun dengan hal yang kecil sekalipun.

Apalagi jika mudah tersinggung ketika situasinya tengah dalam kondisi yang baik-baik saja. Bahkan situasi yang tertawa terbahak-bahak.

Tentu saja ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan mental kita. Bukan hanya itu saja, ketika ada seorang teman yang mengeluarkan komentar tidak sesuai dengan harapan, karena terdapat beban maka bisa saja seketika kita akan mudah marah.Bila anda sudah merasa terlalu sering marah tanpa penyebab yang pasti, itu tandanya anda benar-benar membutuhkan waktu untuk piknik. Sehingga, jangan lupa untuk piknik ketika memiliki kesempatan itu.

Lebih Sering Menangis

Manfaat piknik bagi kesehatan yang harus selalu kita ingat adalah dapat mengontrol emosi dengan baik. Karena ketika kita pergi piknik, maka suasana hati kita menjadi lebih tenang.Namun, apa jadinya jika kita kurang piknik? Seseorang yang tengah mengalami frustasi terkadang akan merasakan rasa sedih terus-menerus, bahkan bisa sampai dalam jangka waktu yang cukup lama.Apalagi jika kita sedang sendirian, ini dapat memperparah kondisi emosional anda. Bahkan hanya dengan pemicu yang kecil saja, anda bisa langsung merasa sedih.

Kemudian akan menangis dan juga meringkuk di atas tempat tidur. Suasana hati semacam ini tentu saja tidaklah nyaman.Untuk itulah, segera anda bergegas untuk pergi piknik. Agar nantinya dapat mengontrol emosional dengan lebih baik.

Manfaat Piknik

Akibat kurang piknik memang sangat berakibat buruk bagi kesehatan kita. Itulah satu alasan kuat yang membuat kita harus segera pergi piknik.Tentu saja bukan hanya untuk mengisi waktu luang atau hanya sekedar hiburan semata. Akan tetapi, piknik ini juga dapat kita jadikan alternatif yang mudah untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat piknik bagi kesehatan yang penting untuk anda ketahui.

Memberikan Rasa Bahagia untuk Diri Sendiri

Dengan piknik, anda dapat membuat diri sendiri menjadi lebih bahagia. Memanjakan diri sendiri itu sangatlah penting dan jangan sampai anda mengesampingkannya.Mungkin selama ini kita sering abai dengan kebahagiaan kita karena terlalu memikirkan orang lain. Apalagi jika kita terus berpikir tentang bagaimana kita membahagiakan orang tua, saudara, maupun teman.Tanpa sadar justru kita lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Padahal cara membahagiakan diri sendiri itu sangatlah mudah. Salah satunya adalah dengan anda pergi piknik.

Dengan kita pergi piknik, maka akan lebih merasa bahagia. Jika kita bahagia, maka akan semakin bersemangat menjalani aktivitas setiap harinya.Tubuh akan terus vit dan tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Kesehatan kita akan terjaga dengan sangat baik.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat piknik bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental kita. Seperti yang kita tahu bahwa struktur otak dalam tubuh kita dapat diubah oleh paparan kronis terhadap hormon stres maupun hormon kortisol.Ini dapat menyebabkan kecemasan hingga depresi. Apabila kita biarkan berlarut-larut atau dalam waktu yang lama, pastinya akan berdampak sangat buruk.Maka dari itulah, piknik menjadi kegiatan yang sangat penting. Dengan kita pergi piknik, kita bisa memperoleh perasaan yang tenang.Selain itu, tidak akan merasa terganggu karena segala pikiran yang memberatkan. Hal tersebut akan membuat tubuh untuk menjaga kesehatan mental dengan baik.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Terkadang gangguan kesehatan mental yang kita alami karena rasa malu yang berlebihan. Selain itu, juga merasa minder dengan segala keadaan di sekitar lingkungan kita.Padahal dengan gangguan mental seperti ini, akan mempersulit kita bersosialisasi dengan lingkungan. Jika sudah demikian, mau tidak mau anda harus mengatasinya.Cara yang paling mudah adalah dengan pergi piknik. Ternyata salah satu manfaat piknik bagi kesehatan adalah meningkatkan rasa percaya diri.Piknik merupakan salah satu cara untuk menambah pengalaman dan wawasan kita. Dengan menjelajah dan mengunjungi berbagai macam tempat, maka anda akan menemukan dan mendapatkan pengalaman baru.

Pengalaman baru inilah yang kemudian membuat anda merasa belajar banyak hal. Anda dapat belajar untuk berinteraksi dengan orang baru.Bahkan tidak hanya itu saja, akan tetapi juga belajar adat baru dan kebiasaan orang lain. Dari pengalaman itulah, rasa percaya diri kita juga akan meningkat.Pasalnya, kita akan lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Selain itu, kita juga tidak akan merasa takut lagi untuk mencoba berbagai hal baru.

Menjauhkan Diri dari Stress

Pernahkah anda dengar bahwa rasa stress yang kita rasakan memberikan kontribusi untuk menimbulkan penyakit jantung. Tidak hanya penyakit jantung saja, akan tetapi juga mengakibatkan tekanan darah tinggi.Ketika kita stress, maka membutuhkan pertolongan untuk mengatasinya. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan pergi piknik.Manfaat piknik bagi kesehatan yang sangat luar biasa adalah dapat menjauhkan diri kita dari rasa stress. Jika pikiran kita tenang, maka kesehatan jantung juga akan terjaga dengan baik.

Bagi pria maupun wanita, liburan setiap dua tahun sekali dapat mengurangi risiko adanya penyakit jantung koroner. Bahkan juga dapat mengurangi serangan jantung yang mematikan.Pada dasarnya, piknik ini adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan stres dari pikiran kita. Dengan demikian, kondisi jantung kita bisa sehat dan terhindar dari yang namanya penyakit.Anda tidak perlu ragu untuk membuktikannya. Pasalnya, sudah sebagian besar orang membuktikannya bahwa dengan piknik ini dapat menghilangkan stress.

Meningkatkan Kualitas Tidur dan Suasana Hati

Manfaat piknik bagi kesehatan kita yakni dapat meningkatkan kualitas tidur dan juga suasana hati. Gangguan tidur tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan kita, karena waktu istirahat menjadi terganggu.Jika kita kurang tidur, maka suasana hati akan menjadi buruk dan kita tidak akan merasa nyaman. Tidak perlu piknik dalam waktu yang lama, satu minggu atau dua minggu.Kita cukup menghabiskan waktu untuk piknik tiga hari saja. Meskipun singkat, akan tetapi manfaatnya sangat luar biasa.Pertama, kita dapat memperbaiki kualitas tidur kita. Selain itu, juga dapat memperbaiki dan meningkatkan suasana hati.

Bahkan, efek positif dari ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Bisa kita rasakan hingga lima pekan ke depannya.Dengan bertambahnya kualitas tidur kita, juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya. Seperti halnya membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan ingatan kita. Manfaat yang sangat baik bagi wanita adalah dapat menurunkan dan menjaga berat badan.Menariknya, manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan adalah menurunkan risiko kanker. Hanya dengan piknik, maka kualitas tidur kita menjadi lebih baik dan kita dapat merasakan semua manfaat tersebut.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat piknik bagi kesehatan lainnya adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Meskipun kita sering menghabiskan waktu untuk bekerja, akan tetapi jika tidak memiliki konsentrasi yang baik, maka pekerjaan tersebut tidak selesai dengan baik.Bahkan pekerjaan tersebut tidak akan selesai tepat waktu. Konsentrasi yang baik sangat dibutuhkan ketika bekerja.Maka dari itulah, jangan pernah terlalu memforsir pekerjaan kita hingga lupa piknik. Piknik dapat membuat pikiran kita menjadi fresh dan bersemangat kembali.Setelah kita kembali dari piknik, maka kemampuan konsentrasi kita akan menjadi lebih meningkat. Selain itu, tingkat produktivitas pun juga akan semakin membaik.

Piknik merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres. Terutama stres yang menghambat aktivitas otak dan juga dari penyebab masalah pada memori kita.Dengan pergi piknik, maka otak kita dapat kita pacu untuk berfungsi lebih baik lagi. Sehingga konsentrasi meningkat dengan baik pula.

Membuat Hidup Menjadi Lebih Bersyukur

Pernahkah kita berpikir bahwa salah satu penyebab penyakit yang ada pada diri kita ini karena kurang bersyukur pada apa yang kita miliki. Ketika kita kurang bersyukur, maka hidup kita tidak akan tenang.Selalu merasa tidak puas dengan apa yang kita miliki. Berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang lebih.Sehingga kita akan berpikir keras tanpa istirahat untuk meraih keinginan tersebut. Cobalah untuk piknik sejenak dan lihatlah berbagai keindahan alam sekitar.Agar kita dapat bersyukur dan melakukan hal-hal positif saja. Dengan begitu, hidup akan lebih bermakna.Bahagia dengan cara yang sederhana sangat baik untuk kesehatan kita. Terutama kesehatan pada mental atau kondisi psikis kita.

Pilihan Tempat Piknik

Pada dasarnya, piknik merupakan kegiatan yang dapat kita lakukan untuk penyegaran kembali tubuh kita secara jasmani maupun rohani. Hal tersebut merupakan sebuah aktivitas maupun kegiatan yang harus kita lakukan selain sibuk bekerja.Sebenarnya, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan ketika piknik. Misalnya saja berkunjung ke tempat-tempat wisata, melakukan hobi, bermain, maupun berolahraga.Berbicara mengenai tempat-tempat wisata untuk piknik, berikut ini beberapa pilihan tempat piknik terbaik yang bisa anda kunjungi. Tenang saja, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Pantai

Pilihan tempat piknik yang satu ini jelas tidak pernah mengecewakan setiap orang yang mengunjunginya. Suasana yang menenangkan, angin segar, riuh ombak, hingga halus pasir yang menyemai kaki, membuat pantai tidak salah lagi menjadi tempat piknik favorit semua orang.Tidak hanya indah dan sejuk untuk kita pandang saja, piknik ke pantai juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat yang pertama, jelas dari segi sinar mataharinya.

Jika berkunjung ke pantai pada pagi hari, maka manfaat sinar matahari yang menyehatkan tulang dapat kita peroleh secara gratis dan maksimal. Tidak hanya sampai di situ saja, manfaat piknik bagi kesehatan dengan berkunjung ke pantai dapat memperbaiki fungsi pernafasan kita.Sehingga kesehatan jantung dan paru-paru akan semakin terjaga dengan baik. Banyak orang yang menilai udara pagi ketika pergi ke pantai dapat menyembuhkan berbagai masalah pernafasan.Udara pagi hari di pantai tentu saja belum tercemar dengan polusi-polusi yang mengganggu. Sehingga kaya akan kandungan oksigen dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Pegunungan

Masih tidak jauh-jauh dari tempat piknik bertemakan alam, pegunungan juga dapat menjadi pilihan tempat piknik yang menyehatkan. Hiruk-pikuk kehidupan di kota dengan berbagai pergerakan yang ada, membuat udara kota menjadi lebih kotor.Tingkat kejenuhan kotoran udara di kota tersebutlah yang sedikit demi sedikit merusak kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan salah satu manfaat piknik bagi kesehatan, maka bisa berkunjung ke sebuah pegunungan untuk berlibur.

Seperti yang kita ketahui bersama, udara di pegunungan mempunyai tingkat kejenuhan pencemaran yang lebih rendah. Selain baik bagi pernafasan, pergi ke pegunungan juga akan membuat tulang-tulang tubuh menjadi lebih sehat.Tentu pegunungan mana yang letaknya tidak di ketinggian. Untuk mencapai puncak, pastinya tubuh harus berjalan mendaki setiap medan yang ada.Namun yang harus jadi perhatian adalah kita tetap tidak boleh memaksakan diri ketika menaiki pegunungan. Bukannya tubuh menjadi sehat, alih-alih badan menjadi sakit semua karena terlalu memforsir tenaga.Ada banyak sekali pilihan wisata pegunungan yang kini menjamur menjadi primadona masyarakat. Mulai dari pegunungan yang terjal, namun sangat baik untuk kegiatan pendakian, hingga pegunungan dengan hamparan kebun teh yang luas, semuanya mempunyai kelebihan sendiri-sendiri.

Danau atau Waduk

Masih ingin merasakan asyiknya bermain air walaupun berada jauh dari pantai? Maka sudah pasti danau adalah jawabannya. Bermain-main ke danau ternyata juga dapat memberikan salah satu manfaat piknik bagi kesehatan tubuh kita. Hal tersebut karena di danau, banyak sekali kegiatan menyehatkan yang dapat kita lakukan.Misalnya saja kegiatan memancing. Banyak orang yang masih mempertanyakan sebab dari memancing disebut sebagai olahraga.

Padahal, memancing ikan tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga psikis. Tentu kita pernah diberitahu oleh guru bahwa memancing dapat melatih kesabaran bukan?Ternyata kalimat tersebut bukan sebuah mitos belaka. Menenangkan diri dengan memancing dapat membuat pikiran lebih rileks dan tentunya akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita.Selain memancing, masih banyak kegiatan di danau lainnya yang dapat kita lakukan. Bagi anda yang pegiat jogging atau bersepeda, tentu tepian danau bisa menjadi tempat untuk menyalurkan hobi.Atau mungkin malah anda tertarik melakukan kegiatan olahraga air yang biasanya terdapat pada danau tertentu. Tidak hanya sehat, pacuan adrenalin dari olahraga air juga sangat baik untuk menghilangkan stress.

Taman

Bermain-main di taman rupanya juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat piknik bagi kesehatan. Konsep taman sendiri sebenarnya memang hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai sarana untuk hidup lebih sehat.Meski letaknya mungkin tidak senatural pantai, pegunungan, atau danau, pergi piknik ke taman juga memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan. Kita dapat memanfaatkan kegiatan piknik di taman untuk berolahraga bersama keluarga yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.Jika merasa berolahraga terlalu berat untuk kita lakukan, bercengkrama dengan keluarga saja, sebenarnya sudah sangat cukup untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Pasalnya, faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita selama ini tidak hanya perihal fisik saja, melainkan juga psikis.Kegiatan lainnya yang juga bisa kita lakukan di taman adalah melakukan yoga. Situasi taman yang tenang, tentunya akan membuat pikiran kita menjadi lebih rileks.

Tempat Bermain

Melalui tempat piknik yang satu ini, kita dapat memetik dua manfaat sekaligus. Yang pertama, tempat bermain jelas memberikan manfaat piknik bagi kesehatan. Namun tidak hanya itu saja, tempat bermain pastinya juga sangat disukai oleh anak-anak.Pada masa sekarang ini banyak sekali tipe tempat bermain yang dapat kita jadikan sebagai tempat piknik masyarakat. Dari yang tipe kering hingga tempat bermain bertipe basah, kini menyebar dan mudah untuk kita kunjungi.Kesehatan tubuh yang bergerak karena ikut si buah hati bermain juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, kita juga akan merasakan manfaat dari segi psikis karena ikut merasakan kesenangan yang dirasakan buah hati kita.Bagi yang belum berkeluarga, tempat bermain juga tidak ada salahnya dijadikan tempat berpiknik. Karena di sana kita juga dapat melakukan aktivitas pergerakan tubuh yang sedang digandrungi pemuda masa kini, yaitu parkour.

Hutan Rakyat

Hutan rakyat adalah sebuah hutan buatan yang dibuat untuk melestarikan keadaan vegetasi sesuatu wilayah. Dari pandangan kelestarian, hutan rakyat sengaja dibuat juga untuk melestarikan tanaman-tanaman tertentu yang memang menjadi ciri khas daerah tersebut.Pada masa kini, pemerintah memang sedang gencar-gencarnya kembali membentuk vegetasi di lingkungan perkotaan. Hadirnya hutan rakyat inilah, kita juga dapat memanfaatkannya sebagai sumber penghidupan kesehatan.Seperti yang banyak dijelaskan dalam buku-buku sekolah, hutan merupakan sumber oksigen terbesar di bumi. Oleh karena itu, menghabiskan waktu di hutan rakyat, rupanya juga dapat memberikan salah satu manfaat piknik bagi kesehatan.

Banyak sekali kegiatan di hutan rakyat yang dapat kita lakukan dan tentunya menunjang kesehatan. Mulai dari kegiatan berat seperti jogging atau bahkan lari, hingga kegiatan santai seperti yoga semuanya dapat kita lakukan dengan santai.Hadirnya udara yang sejuk dan bersih langsung dari pohon yang menaungi kita juga pasti akan membuat kegiatan di hutan rakyat lebih menyenangkan. Selain itu, melihat hutan dengan warna hijau yang menenangkan juga sangat baik untuk memberikan salah satu manfaat piknik bagi kesehatan, yaitu terapi mata. 


Comments