Manfaat dan Efek Samping Kunyit Berdasarkan Hasil Penelitian

Kunyit lebih dikenal sebagai rempah masak oleh masyarakat.Kunyit bisa juga dijadikan pewarna kuning alami untuk berbagai jenis makanan atau bisa juga dijadikan bahan pengawet makanan jika dicampur dengan garam dapur.


Di beberapa daerah,bahkan kunyit sering digunakan sebagai obat alami untuk beberapa jenis keluhan.Kunyit biasanya diterapkan sebagai obat pereda sakit saat haid ataupun sebagai bahan dasar jamu untuk memulihkan kondisi tubuh.
Selain itu,obat-obatan cina dan ayurveda,yaitu metode pengobatan dari India menggunakan kunyit sebagai salah satu obat untuk mengatasi radang dan infeksi.
Kandungan Yang Terdapat Dalam Kunyit
Ilustrasi Kunyit ( Gambar: Steve Buissinne,pixabay)
Manfaat kesehatan yang dimiliki kunyit tidak lepas dari kandungan yang terdapat didalam kunyit itu sendiri.Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat diantaranya kurkumin,bisdesmetoksikurkumin,desmetoksikumin,keton sesquiterpen,tumeon,turmeron, zingiberen,felandren,sabinen,borneol dan sineil.Selain itu kunyit juga mengandung nutrisi diantaranya lemak,karbohidrat,protein,vitamin C,kalsium,fosfor dan zat besi.
Manfaat Kunyit
Dewasa ini, kunyit sering kali menarik minat peneliti untuk mencari tahu dan mengembangkan potensi kunyit dalam dunia kesehatan.Berikut manfaat kunyit untuk  kesehatan berdasarkan hasil penelitian para ahli yang segudangkhasiatkan.com rangkum untuk kamu:
Dapat Menghambat Sel Kanker
Dokter di UCLA melakukan penelitian terhadap 21 orang pengidap kanker di kepala dan leher.Kemudian pasien diminta untuk mengkonsumi dua tablet yang berisi 1.000 miligram kurkumin.Kurkumin merupakan salah satu senyawa yang terdapat didalam kunyit.
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh laboratorium independen di Maryland mengungkapkan bahwa enzim yang mendorong kanker di mulut pasien terhambat oleh kurkumin sehingga dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker.
Penelitian lainya yang dilakukan oleh Dipanjam Pan dan Peter Stang dari University of Utah mengkombinasikan kurkumin dengan platinum.Kesimpulan penelitian tersebut di muat pada Proceedings of National Academy of Sciences,hasilnya perpaduan kurkumin kunyit dan platinum terbukti efektif mengobati berbagai jenis kanker,diantaranya kanker payudara dan melanoma.Kombinasi kurkumin dan platinum berdasarkan hasil penelitian tersebut mampu memecah DNA sel kanker.


Dapat mengatasi Osteoarthritis
Osteoarthritis adalah kondisi yang mengakibatkan sendi terasa nyeri,fleksibilitas sendi terganggu dan juga terasa kaku.Berdasarkan penelitian mengkonsumsi 500 mg ekstrak kunyit dua kali per hari memiliki efek yang sama dengan mengkonsumsi ibuprofen,yaitu obat yang lazim untuk mengatasi osteoarthritis.
Meredakan Sakit Saat Haid
Siklus haid pada perempuan kadang mengakibatkan rasa nyeri dan kram pada perut.Banyak kasus masa haid juga disertai oleh mood yang terganggu.Untuk mengurangi gejala nyeri dan kram tersebut salah satunya dianjurkan untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam.Berdasarkan hasil penelitian yang dilansir oleh berbagai sumber,kandungan kurkumin pada kunyit mampu menghambat produksi prostaglandin,hormon penyebab nyeri dan peradangan.
Saat ini produk pelancar dan penghilang raya sakit saat haid sangat banyak beredar dipasaran.Nah jika diperhatikan komposisi produk tersebut pasti terdapat kandungan kunyit.Produk tersebut lebih simpel dan lansung dapat diminum dari pada kamu repot membuat jamu sendiri.

Baca Juga:Tak Sepahit Rasanya,Ternyata Ini Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Mengandung Antioksidan
Pusat medis pada Universitas Maryland mengatakan sifat antioksidan yang terdapat pada kunyit cukup kuat untuk mengatasi radika bebas.Radikal bebas dalam tubuh bertanggung jawab terhadap resiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan stroke.Selain itu penelitian awal menunjukkan kurkumin pada kunyit mampu mencegah kanker kulit,kanker usus besar dan kanker prostat.
Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Penelitian lainnya menemukan bahwa kurkumin pada kunyit mampu mencegah penimbunan plak yang menyebabkan penyumbatan arteri yang berpotensi menyebabkan serangan jantung.
Namun manfaat tersebut dapat dirasakan secara maksimal jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur ya sobat.
Hal yang Harus Diperhatikan
Konsumsi kunyit dalam dosis yang rendah sampai saat masih dianggap aman dan belum ditemukan efek samping yang berbahaya.Penelitian menunjukkan konsumsi 490 mg kunyit setiap hari selama seminggu tidak menunjukan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Bagi ibu hamil dan menyusi,penderita diabetes sebaiknya menghindari mengkonsumsi kunyit.Konsumsi kunyit juga tidak disarankan bagi orang yang akan melakukan operasi,pria yang ingin mempunyai keturunan dan orang yang kekurang zat besi.
Berikut adalah efek samping konsumsi kunyit berlebihan terhadap kesehatan tubuh:
  • Gangguan hati
  • Pendarahan
  • Gangguan perut dan pencernaan
  • Mengurangi kesuburan pria
  •           Elergi
  • Gangguan pada kantung empedu
Jika ingin memanfaatkan kunyit untuk pengobatan sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat diperoleh informasi yang menyeluruh dan mengetahui apakakah cocok dengan kondisi kesehatan kamu saat ini.

Comments